The Blog

SELAIN mengirim mahasiswa belajar ke universitas jejaring kerjasama di luar negeri, UNIB juga menerima mahasiswa luar negeri untuk belajar di kampus hijau ini. Kali ini, empat mahasiswa dari University of Battambang Cambodia (UBB) akan melaksanakan credit transfer selama satu semester dan kehadiran mereka disambut baik oleh Ketua UPT KSLI UNIB, Yansen, Ph.D, Senin (26/8/2019).

“Mereka akan mengikuti credit transfer, kuliah satu semester di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),” ujar Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB, Yansen, Ph.D, usai menyambut kehadiran mahasiswa dari UBB Cambodia.

Turut hadir menyambut empat mahasiswa UBB Cambodia di ruang UPT KSLI UNIB, antara lain Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB, Gita Mutiara Hati, SPd, M.Pd, Sekretaris Jurusan Akuntansi FEB UNIB, Abdullah, SE, M.Si, Ak, dan Kasubag dan staff UPT KSLI serta sejumlah Volunteers.

Dijelaskan Yansen, keempat mahasiswa UBB Cambodia tersebut masing-masing bernama Meyly Seang dan Muyleang Chou yang akan belajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kemudian, Canruoth Chou dan Vimean Phal yang akan belajar di Prodi Akuntansi.

“We wish all the best for them ! Hope you guys enjoy your stay in Bengkulu !” ujar Yansen kepada para mahasiswa Cambodia.

Pada kesempatan lain Yansen, Ph.D mengatakan, kedatangan mahasiswa asing ini adalah bagian kerjasama UNIB dan UBB Cambodia. Kerjasama dua institusi beda negara ini sudah terjalin sejak lama dan berjalan dengan baik. Pertukaran mahasiswa rutin dilaksanakan tiap tahun. Pada Juli – Agustus lalu, satu kelompok mahasiswa yang terdiri 8 mahasiswa dari FKIK, FEB, FP, FMIPA, dan FT, melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Cambodia.

Diharapkan kedatangan mahasiswa asing ini akan memperkuat pelaksanaan kelas internasional di beberapa program studi di UNIB. Saat ini, rintisan kelas internasional telah dilaksanakan di Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen dan Prodi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Aktivitas perkuliahan menggunakan Bahasa Inggris. Aktivitas serupa juga sedang dipersiapkan dan akan dilaksanakan program studi lainnya.

Kegiatan international student mobility terus ditingkatkan oleh UNIB melalui UPT KSLI, baik mengirimkan mahasiswa belajar ke luar negeri maupun sebaliknya. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pergaulan internasional institusi, meningkatkan atmosfer akademik, serta meningkatkan kapasitas mahasiswa itu sendiri agar nanti menjadi lulusan yang memiliki daya saing tinggi.

Kata Yansen, selain empat mahasiswa asal Cambodia ini, saat ini satu mahasiswa dari Gifu University – Jepang sedang melaksanakan program penelitian di Jurusan Kimia FMIPA. Kemudian, pada awal September nanti dua mahasiswa dari Thailand juga akan melaksanakan program pertukaran selama dua minggu di Jurusan Kimia.

Implementasi program mobility student juga akan dilanjutkan pada akhir September. Sebanyak 12 mahasiswa FKIP UNIB akan melaksanakan magang (internship) mengajar di Filipina, Thailand, dan Kamboja. Kemudian, masih ada dua mahasiswa UNIB lainnya yang masing-masing satu dari Prodi Manajemen FEB dam satu dari Prodi Sistem Informasi, akan melaksanakan internship selama tiga minggu di University of New England – Australia.

“Secara keseluruhan, tahun ini sebanyak 70 mahasiswa kita melaksanakan berbagai program pertukaran dan belajar di universitas-universitas jejaring kerjasama UNIB di luar negeri. Kegiatan ini didukung dengan pembiayaan berbagai skema yaitu bantuan universitas, bantuan fakultas dan skema mandiri,” demikian Yansen menjelaskan.[Hms1].

 

sumber : https://www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps