The Blog

DOSEN dan peneliti dari Jepang, Prof. Masaki Oda, Ph.D memenuhi undangan Program Studi S3 (Doktor) Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu, untuk memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa program pascasarjana di aula Dekanat FKIP, Senin (12/8/2019).

Prof. Masaki Oda adalah Direktur Pusat Bahasa Inggris (CELF) dari Tamagawa University of Tokyo, Jepang. Kehadirannya ke Program Studi Doktor FKIP UNIB sebagai tindak lanjut kerjasama bilateral dan merupakan kunjungan balasan setelah pengelola beserta para mahasiswa Prodi S3 Pendidikan UNIB melakukan lawatan ke Tamagawa University of Tokyo beberapa waktu lalu.

Kuliah umum yang dimoderatori oleh Prof. Safnil Arsyad, MA, Ph.D ini mengangkat tema “Issues in Preservice and Inservice Training for Teachers in Japan”. Peserta kuliah umum adalah para mahasiswa Program Studi S2 dan S3 selingkung FKIP UNIB.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Doktor Pendidikan FKIP UNIB, Prof. Dr. Wachidi, M.Pd yang dalam sambutannya berharap agar Public Lecture yang menghadirkan professor dari Jepang ini dapat menambah informasi, memberikan pengalaman, serta sebagai ajang pengkayaan ilmu pengetahuan bagi para mahasiswa khususnya Program Doktor Pendidikan menyangkut tentang perbandingan sistem pendidikan.

Kemudian kata Prof. Wachidi, dengan kegiatan Public Lecture ini diharapkan kerjasama bilateral antara FKIP UNIB dengan Tamagawa University of Tokyo dapat terjalin dengan baik dan semakin aktif melaksanakan berbagai kegiatan akademik sehingga mampu meningkatkan kapasitas dan eksistensi masing-masing institusi.

Selain Prof. Wachidi, turut hadir pula pada kegiatan ini antara lain Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FKIP UNIB, Dr. Dra. Nirwana, M.Pd, para Ketua Program Studi Pascasarjana selingkung FKIP UNIB dan dosen serta peneliti lainnya.

Pada kesempatan ini, Prof. Masaki Oda mempresentasikan sistem pendidikan dan berbagai aspek tentang pengajaran Bahasa Inggris di Tamagawa University of Tokyo dan di Negara Jepang pada umumnya. Presentasi menggunakan Bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh Prof. Safnil yang sekaligus sebagai moderator dan pemandu acara.

Secara yuridis Program Doktor Ilmu Pendidikan FKIP UNIB berdiri tanggal 30 Desember 2015 melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 202/KPT/I/2015. Namun, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 1944/UN30/HK/2017 ada perubahan tentang penamaan prodi dan penulisan gelar. Oleh karena itu, prodi yang semula bernama Program Studi Ilmu Pendidikan berubah menjadi Program Studi Pendidikan.

Program Studi ini memiliki visi “Doktor Pendidikan Yang Kreatif, Inovatif, Dan Kompetitif di Era Global”. Dengan misi yaitu Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berlandaskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk menghasilkan doktor pendidikan yang  kreatif, inovatif, dankompetitif di era global, Menyelenggarakan pengkajian, penelitian, dan pengembangan dalam bidang pendidikan untuk menghasilkan karya ilmiah yang bereputasi internasional, Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan untuk merealisasikan hasil karya kreatifitas akademik, dan Menyelenggarakan tata kelola yang baik, transparan, dan akuntabel.[Hms1].

sumber : https://www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps