The Blog

Rombongan pimpinan UNIB dipimpin Rektor Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, melakukan kunjungan kerja safari ramadhan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jumat (17/5/2019), pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

Pada forum silahturahmi dan wadah menyerap aspirasi ini, Rektor menekankan agar seluruh pihak berpartisipasi meningkatkan akreditasi institusi dari B menjadi A, serta menghimbau mahasiswa meningkatkan prestasi dan mengajak semua komponen di FKIP UNIB untuk memberdayakan serta meningkatkan akses ke website UNIB sebagai upaya peningkatan perankingan webometrics.

Rektor mengapresiasi sejumlah keberhasilan diraih FKIP UNIB selama ini, seperti peningkatan nilai akreditasi sejumlah program studi dari B ke A, kemudian ada beberapa mahasiswa yang telah sukses menjuarai sejumlah event bertarap nasional seperti bidang olah raga pencak silat dan lain sebagainya.

“Ke depan, sejumlah keberhasilan itu harus kita pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Kemudian, perlu Saya tekankan bahwa dalam waktu dekat kita akan melaksanakan akreditasi institusi. Target kita meraih nilai A (unggul). Oleh sebab itu, peran serta dan dukungan semua pihak sangat diharapkan,” papar Rektor.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Syahrial, M.Phil menambahkan, terkait prestasi mahassiwa, pihak rektorat memberikan penghargaan dan menyediakan reword berupa uang pembinaan. Target pencapaian prestasi ini minimal 100 prestasi tingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, setiap kebijakan penganggaran kegiatan kemahasiswaan akan diarahkan untuk pencapaian target tersebut.

Terkait peningkatan ranking webometrics, pihak Lembaga Pengembangan Teknologi dan Komunikasi (LPTIK) UNIB melalui Sekretaris LPTIK, Faisal Hadi, ST, MT mengajak seluruh pihak termasuk jajaran FKIP, lebih meningkatkan akses ke website UNIB dan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan.

“Seperti pengumuman, jangan lagi menggunakan kertas, tapi pasang di website sehingga mahasiswa yang mengakses website lebih banyak. Sebab, perankingan webometrics secara internasional salah satunya berdasarkan seberapa besar website universitas diakases. Saat ini, ranking UNIB cukup bagus yaitu ranking 35 se Indonesia dari ratusan universitas yang ikut pemeringkatan,” papar Faisal.

Selain membahas akreditasi institusi, peningkatan prestasi mahasiswa dan upaya meningkatan ranking webometrics UNIB, Rektor dan rombongan juga memberi tanggapan terhadap sejumlah aspirasi yang mengemuka dalam kunjungan kerja ini.

Aspirasi dan isu-isu yang mengemuka antara lain, menyangkut proses legalitas lahan UNIB di kawasan Cimanuk KM 6.5 (lokasi kampus PGSD) dan lahan UNIB di kawasan Air Sebakul Kota Bengkulu (lokasi kampus Prodi Penjaskes). Seiring dengan hal itu, ada juga usulan agar pagar kampus PGSD di kawasan Jalan Cimanuk segera dilakukan pemagaran permanen untuk menjaga keamanaan dan kenyamanan.

Lalu mengemuka juga aspirasi dari kalangan tenaga kependidikan (Tendik) khususnya dari para tenaga honorer dan tenaga kontrak agar diprioritaskan dalam pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga usulan agar realisasi tunjangan hari raya (THR) dapat dipercepat pencairannya.

Untuk menanggapi berbagai aspirasi itu, Rektor memberikan banyak kesemapatan kepada Kepala Biro Umum dan Sumber Daya (USD) Ir. Akhmad Nezar untuk menjelaskan, dibantu Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza.

Menanggapi legalitas lahan UNIB di Jalan Cimanuk dan kawasan Air Sebakul, menurut Ir. Akhmad Nezar, saat ini masih dalam proses menuju legalitas dan proses pengamanan asset. Terkait hal ini, UNIB juga telah meminta legal opinion dari Kejaksaan Tinggi Bengkulu. “Mudah-mudahan dalam waktu tak lama lagi, proses legalitas dan pengamanan asset segera dituntaskan,” ujarnya.

Kemudian menyangkut usulan pengangkatan Tendik Honorer dan Tenaga Kontrak menjadi ASN, menurut Ir. Akhmad Nezar, saat ini UNIB tengah menyusun dan merasionalisasikan kebutuhan tenaga ASN di masing-masing unit kerja. Pemenuhan ASN itu nanti dilakukan dengan mekanisme tes bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Dalam proses tes itu nanti, semua orang yang memenuhi persyaratan bisa ikut berkompetisi. Artinya, tidak serta merta dan tidak ada regulasi serta jaminan yang mengakomodir tenaga honorer dan tenaga kontrak secara otomatis diangkat jadi ASN (PNS dan PPPK). Nasib Anda nanti ditentukan oleh Anda sendiri melalui tes,” tegas Akhmad Nezar.

Terkait Tunjangan Hari Raya (THR) tambah Akhmad Nezar, pihak rektorat akan mengupayakan pemberian gaji ke 13 sebesar satu bulan gaji untuk tenaga honorer dan tenaga kontrak dan jika tidak ada halangan akan direalisasikan tanggal 1 Juni 2019.

Diakhir acara, sama seperti di fakultas lain, Kunker safari ramadhan ini diakhiri dengan penandatanganan Piagam Komitmen Keterbukaan Informasi Publik oleh Dekan FKIP Prof. Dr. Sudarwan Danim disaksikan para wakil rektor dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB.[Hms1].

sumber : www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps