The Blog

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, Segenap civitas akademika Universitas Bengkulu menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, Senin (29/10/2018).

Upacara tersebut diselenggarakan di lapangan gedung rektorat dan dipimpin langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sebagai Pembina Upacara.

Selain jajaran pimpinan mulai dari para Wakil Rektor, Kepala Biro, para Dekan dan para Ketua lembaga dan unit-unit kerja selingkung UNIB, upacara ini juga diikuti ratusan staf karyawan ASN dan non ASN, serta ratusan mahasiswa.

Setelah pengibaran bendera merah putih oleh pasukan Paskibraka, petugas upacara membacakan UUD dan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Batavia yang disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Dalam ejaan Bahasa Indonesia yang terbaru, Sumpah Pemuda itu berbunyi : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kemudian, sebagai Pembina Upacara Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dalam amanatnya membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi.

Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia.” Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam pidato itu Menpora juga mengatakan, tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD tingkat I dan DPRD tingkat II.

Untuk itu peran dan tanggungjawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ujar Imam Nahrawi dalam pidato tertulis yang dibacakan Retor UNIB Ridwan Nurazi.

Di akhir upacara, sebagai wujud apresiasi terhadap prestasi yang diraih mahasiswa UNIB, Rektor menyerahkan piagam dan piala serta memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang berprestasi pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (PEKSIMINAS) ke-XIV di Jogyakarta tahun 2018.

Mahasiswa berprestasi tersebut adalah, Riqqah Dhiya R (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yang dinobatkan sebagai Juara I Penulisan Cerpen, M. Agung Putra Ramadhan (Fakultas Hukum) yang meraih Juara II Lomba Menyanyi Lagu Dangdung Putra, dan M. Arby Heriawan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) yang meraih juara Harapan I lomba Penulisan Puisi.[Hms1]

sumber : https://www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps