The Blog

[Bengkulu, 06 Agustus 2018]. Harmoni Indonesia 2018 yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Bengkulu, Minggu pagi (5/8/2018), diikuti 5000-an peserta dari elemen mahasiswa, karyawan dan dosen dari berbagai fakultas selingkung UNIB, kontingen Balai POM, unsur Pemerintah Daerah, serta Kepolisian dan TNI.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, para wakil rektor, para dekan dan ketua-ketua lembaga selingkung UNIB.

Para peserta mengenakan jaket almamater, rapi dengan dalaman kemeja putih baik laki-laki maupun perempuan, ditambah jilbab putih untuk seluruh perempuan beragama Islam. Setengah jam sebelum acara dimulai pukul 07.00 WIB, peserta sudah berbaris rapi memadati bagian tengah maupun tribun GSG UNIB.

Tepat pukul 08.00 WIB, panitia mencoba menghubungkan dengan panitia pusat untuk melakukan live streaming, namun karena terjadi gangguan koneksi internet live streaming dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan panitia pusat di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta batal dilakukan.

Meskipun live streaming batal dilakukan, ribuan peserta dipandu oleh kelompok Paduan Suara Mahasiswa UNIB tetap semangat dan penuh gegap gempita menyayanyikan lagu-lagu kebangsaan. Lagu yang dinyanyikan serentak yaitu Lagu Indonesia Raya, Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Mars Garuda Pancasila, dan Mars Kemerdekaan.

Di hadapan ribuan mahasiswa dan peserta Harmoni Indonesia 2018, Rektor UNIB, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menyerukan agar seluruh elemen Banga senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga kerukunan, serta tidak mudah terprovokasi dengan paham-paham radikal yang memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Rektor juga mengajak seluruh mahasiswa dan masyarakat Bengkulu umumnya untuk menyabut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia dengan penuh semangat dan mensukseskan perhelatan akbar olah raga, Asian Games 2018 yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang.

Mengakhiri sambutannya, Rektor mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta, panitia dan pihak-pihak yang telah mensukseskan Harmoni Indonesia 2018 di UNIB. “Hidup Mahasiswa, UNIB Maju, Indonesia Jaya,” ujar Rektor meneriakan yel-yel yang disambut gemuruh tepuk tangan dari seluruh peserta.

Diakhir acara, Rektor beserta para tamu undangan melakukan pelepasan balon ke udara sebagai symbol kesiapan UNIB dan BPOM mensukseskan Asian Games dan dukungan moril kepada para atlet Indonesia yang akan berlaga di perhelatan olah raga yang akan diikuti 45 negara. Balon udara ini disiapkan oleh kontingen Balai POM Bengkulu yang berpartisipasi pada Harmoni Indonesia 2018 di UNIB.

Berdasarkan konfrensi pers panitia pusat, Acara Harmoni Indonesia 2018 diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) secara serentak di 33 provinsi se Indonesia.

Di tingkat pusat, acara ini dihelat di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menteri.[Hms1/Foto:Ngamar]

Sumber : https://www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps